//
you're reading...
Inggris

Siapa No.1 MU Musim Depan ?

Manchester United mulai mencari pengganti Van der Sar yang pensiun musim ini

Edwin Van der Sar akan menjalani partai terakhirnya saat Manchester United melawan Blackpool akhir pekan ini. Siapa yang akan mengisi posisi The Dutchman musim depan?

Van der Sar telah memutuskan untuk pensiun dari dunia profesional sepakbola di akhir musim ini. Mengingat usianya sudah menginjak kepala empat, wajar mantan kiper Fulham, Juventus, dan Ajax itu memutuskan untuk menggantung sarung tangannya.

Enam musim bersama MU, dapat dibilang menjadi salah satu karir terbaik dalam sepakbolanya. Van der Sar menjadi bagian inti tim asuhan Sir Alex Ferguson itu sejak tiba dari Fulham pada 2005, dan memberi total 10 gelar bagi Si Setan Merah. Empat gelar juara Premier League, tiga Community Shield, satu Liga Champions, satu Piala Liga, dan satu Piala Dunia antarklub.

Kontribusinya tersebut membuat Fergie menilai Van der Sar sebagai salah satu kiper terhebat yang pernah dimiliki MU sejak ditinggal Peter Schmeichel. Dengan pensiunnya kiper Belanda tersebut, Fergie akan kehilangan salah satu pilar andalannya.

Untuk menambal kekosongan yang ditinggalkan Van der Sar, MU membutuhkan kiper kelas dunia layaknya Van der Sar untuk mempertahankan gelar musim depan. Beberapa nama sudah bermunculan seperi Manuel Neuer, David de Gea, dan Maarten Stekelenburg.

Manuel Neuer

Manuel Neuer
 Schalke 04

Date of birth: 27.03.1986
Place of birth: Gelsenkirchen -
Age: 25
Height: 1,93
Nationality: - Germany
Position: Goalkeeper
Foot: right
Market value: 21.120.000 £
24.000.000 €

Kiper tim nasional Jerman ini mulai mendapat perhatian serius dari Ferguson ketika timnya berhadapan langsung dengan Schalke 04, klub bernaung Neuer. Pemain binaan akademi Schalke itu tampil sangat hebat ketika timnya dikalahkan MU 0-2 di leg pertama. Meski kalah, Neuer tampil hebat apda pertandingan itu karena melakukan beberapa penyelamatan penting sehingga mencegah timnya kalah denagn skor lebih besar. Fergie pun memuji langsung penampilan sang pemain.

Kiper legendaris MU, Schmeichel juga memuji Neuer dan menilai pemain berusia 25 taun itu pantas menggantikan posisi Van der Sar. Neuer sendiri juga sempat mengutarakan dirinya ingin mencoba tantangan baru.

Namun masalahnya adalah Setan Merah mendapat saingan serius. Karena adanya ketertarikan dari Bayern Munchen terhadap sang pemain. Apalagi The Bavarians memberikan penawaran yang cukup tinggi kepadanya, sampai membuat direktur teknik Leverkusen, Rudi Voeller heran.

Harga tinggi plus adanya saingan yang berani memberi penawaran besar sepertinya membuat Neuer sulit merapat ke Old Trafford.

David de Gea

David de Gea
 Atletico Madrid

: David de Gea Quintana
Date of birth: 07.11.1990
Place of birth: Madrid -
Age: 20
Height: 1,92
Nationality: - Spain
Position: Goalkeeper
Foot: right
Market value: 10.560.000 £
12.000.000 €

Masih muda dan mempunyai talenta luar biasa meski masih butuh jam terbang di pertandingan antar klub Eropa.

Namun tidak usah diragukan lagi kemampuan David de Gea menjaga gawang Atletico Madrid. Meski masiih muda, De Gea sudah dipercaya Atletico untuk berada di bawah mistar gawang. Sejak melakukan debutnya musim lalu ketika menggantikan Roberto, De Gea langung membuat pelatih kala itu Quique Sanchez Flores terpukau, dan mulai memasangnya sebagai starter.

Sejak saat itulah lulusan akademi Atletico ini menjadi penjaga gawang utama. Termasuk ketika mengantar timnya menjuarai Europa League pada musim itu, dan berhasil mengalahkan Internazionale pada perebutan UEFA Super Cup 2010.

MU memang mempunyai peluang untuk menggaet bintang muda ini, apalagi De Gea sendiri mengungkapkan membuka peluangnya untuk pindah. Bahkan bulan lalu sempat diberitakan The Red Devils resmi memboyongnya, namun kabar itu dibantah kubu Atletico yang memang tidak ingin pemain masa depannya itu pindah.

Sikap protektif Atletico membuat MU sulit memboyongnya.

Maarten Stekelenburg

Maarten Stekelenburg
 Ajax

Date of birth: 22.09.1982
Place of birth: Haarlem -
Age: 28
Height: 1,97
Nationality: - Netherlands
Position: Goalkeeper
Foot: right
Market value: 9.680.000 £
11.000.000 €

Sudah menjadi andalan di tim nasional Belanda, dan sudah berpengalaman di level klub bersama Ajax bisa menjadi nilai tersendiri bagi Maarten Stekeleburg.

Setelah hampir membela Ajax hampir satu dekade, Stekelenburg mengungkapkan hasratnya untuk menoba tantangan baru dengan berlabuh ke klub lain. Salah satu tujuannya adalah Manchester United. Melihat posisi itu akan kosong musim depan, secar terbuka pemain berusia 28 tahun itu pun mengungkapkan ketertarikannya untuk menjadi suksesor seniornya di MU.

Jam terbang yang tinggi di level internasional, ditambah berhasil membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010 lalu, dan baru-baru ini sukses membawa Ajax kembali meraih gelar juara Eredivisie, membuat Stekelenburg menjadi salah satu perhatian Fergie. Hanya saja saat ini masih belum ada tawaran konkret dari Setan Merah, padahal Setekelenburg mengungkapkan sudah menunggu tawaran MU. Ditambah Van der Sar sendiri menyarankan MU untuk menggaet juniornya itu.

Stekelenburg menjadi target yang realistis bagi MU saat ini dengan harga yang tidak terlalu tinggi, apalagi respon pemain yang positif mendengar ketertarikan Manchester Merah.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender Tulisan

Mei 2011
S S R K J S M
    Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

News Update

Photos

%d blogger menyukai ini: