//
you're reading...
Champions League

Road To Wembley : Data Fakta MU-Barca di Kompetisi Eropa

Pertandingan final Liga Champions dini hari nanti yang mempertemukan Barcelona dengan Manchester United tidak hanya menjadi rematch final 2009, tapi juga terdapat beberapa fakta unik lainnya yang melibatkan kedua tim tersebut di ajang kompetisi Eropa.

  • Ini menjadi pertemuan ke-11 kedua klub tersebut. Dengan keduanya sama-sama meraih tiga kemenangan dan empat seri. Pertemuan terakhir mereka yakni di final Liga Champions 2009, dimana Barca berhasil mengalahkan Setan Merah dengan skor 2-0.

    Gol Messi membawa Barca menang pada final 2009 VS United

  • Kedua klub sudah bertemu dua kali di final kompetisi Eropa, final Liga Champions 2009 di Roma menjadi yang kedua, sebelumnya pada 1991 MU lah yang berhasil mengandaskan Barca di final Piala Winners dengan skor 2-1
  • Carles Busquets yang menjadi penjaga gawang pada final itu merupakan ayah dari Carles Busquets, gelandang andalan Barca saat ini.
  • Prestasi itu juga membuat pelatih MU, Sir Alex Ferguson mencatat dua kali menang pada final piala WInners melawan tim Spanyol. Sebelumnya saat melatih Aberdeen pada 1983, Fergie berhasil membawa kliub Skotlandia itu mengalahkan Real Madrid, 2-1.
  • Ryan Giggs dan Paul Scholes adalah anggota MU yang masih aktif ketika The Red Devils bermain imbang 3-3 di Old Trafford pada penyisihan grup Liga Champions 1998. Pelatih Barca saat ini, Josep Guardiola juga pernah bertemu langsung dengan Giggs di babak penyisihan Liga Champions ketika masih bermain membela Barca musim 1994/1995.
  • Jika berhasil menang pada laga final nanti, Ferguson akan menyamai raihan Bob Paisley yang berhasil meraih gelar Liga Champions tiga kali.

    Tendangan bebas Ronald Koeman ke gawang Sampdoria pada 1992 bawa Barca juara untuk pertama kalinya

  • Stadion Wembley yang belum direnovasi sudah menggelar lima laga final kompetisi klub Eropa, dimana hanya dua klub Inggris yang bisa tampil disana, yakni MU dan Liverpool, dan keduanya berhasil juara.
  • Direktur MU, Sir Bobby Charlton adalah pemain yang mencetak dua gol kemenangan Setan Merah saat meraih gelar juara Champions yang pertamanya, sekaligus gelar juara Champions peratama untuk klub Inggris.
  • Seperti halnya United yang membutuhkan perpanjangan waktu ketika meraih gelar pertamanya, Azulgrana juga butuh tambahan waktu untuk meraih gelar Champions pertamanya pada 1992 saat mengalahkan Sampdoria, Guardiola yang masih berusia 21 tahun juga ikut dalam skuad tersebut.
  • Ketika berhasil membawa Blagurana juara pada 2009, Guardiola menjadi orang keenam yang sukses menjuarai Liga Champions baik sebagai pemain dan juga pelatih, mengikuti jejak Miguel Muñoz, Giovanni Trapattoni, Johan Cruyff, Carlo Ancelotti dan Frank Rijkaard .

    Bobby Charlton bawa MU jadi tim Inggris pertama yang menjuarai Liga Champions

  • Ini menjadi laga final kesebelas yang melibatkan tim yang bermain di negaranya sendiri, tujuh diantaranya berhasil menjadi juara.
  • Barcelona kalah pada kunjungan terakhirnya di Inggris, yakin ketika berhadapan dengan Arsenal Februari lalu di Emriates Stadium.
  • Barca punya rekor buruk jika harus bertandang ke Inggris, khususnya London. Rekor Barca bertamu ke Inggris yakni W6 D8 L13, sedangkan jika diperkecil lagi lingkupnya untuk pertemuan di London saja Barca tidak beda jauh,W2 D3 L4 . Namun secara keseluruhan rekor pertemuan Barca dengan klub-klub Inggris masih terbilang bagus, W23 D18 L16.
  • Sejak terakhir bertemu Barca di final 2009, MU hanya sekali bertemu tim asal Spanyol, yakni ketika bertemu Valencia di babak grup musim ini, dimana United menang 1-0 di Mestalla dan imbang 1-1 di kandang sendiri. Sedangkan secara keseluruhan, rekor MU bertemu dengan klub Spanyol kurang meyakinkan, W11 D17 L12.
  • Laga klub Spanyol VS Inggris terjadi dalam 15 final terakhir kompetisi antar klub Eropa. Dimana rekornya cukup ketat yakni klub Spanyol menang 8 kali dan Inggris 7 kali.
  • Bek Barcelona, Gerrard Pique pernah bergabung bersama MU pada 2004 sebelum akhirnya kembali bergabung dengan tim Catalan empat tahun kemudian.
  • Patrice Evra pernah merasakan kegagalan menjadi juara saat AS Moncao dijegal FC Porto di final 2004, rekannya Dimitar Berbatov juga mengalami hal serupa ketika masih membela Bayer Leverkusen yang ditaklukan Real Madrid di final 2002. Di kubu Barcelona, ada Javier Mascherano yang mengalami nasib sial tersebut ketika timnya, Liverpool dikalahkan Milan di final 2007.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender Tulisan

Mei 2011
S S R K J S M
    Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

News Update

Photos

%d blogger menyukai ini: