//
you're reading...
Champions League

Dominasi Total Barcelona Lewat Messidona

Messi berperan penting dalam kesuksesan Barcelona menjuarai Liha Champions

Skor 3-1 bisa menjadi cerminan bagaimana Barcelona menguasai penuh pertandingan pada laga final Liga Champions melawan Manchester United di Wembley dini hari tadi.

Barcelona kembali membuktikan bahwa mereka adalah klub terbaik Eropa. Sempat dijegal Inter Milan musim lalu, Barca kembali masuk babak final dan kembali bertemu lawan yang sama ketika mereka berhasil menjuarainya dua tahun silam, Manchester United.

MU yang membawa misi balas dendamnya pada final ini ternyata tak mampu berbuat banyak dalam menghadang arus serangan El Barca. Meski sempat menyamakan kedudukan lewat gol Wayne Rooney pada menit ke 34, Barca langsung mengamuk di babak kedua, dua gol yang disarangkan masing-masing ole Lionel Messi (54) dan David Villa (69).

Data statistik juga membuktikan dominasi klub Catalan tersebut. Dilihat dari Ball Possession, bola lebih banyak berada di kaki pemain Barca dibanding MU, dengan perbandingan 63% berbanding 37%. Dari total tendangan yang dilesakkan pun Barca membuktikan jauh lebih agresif ketimbang Setan Merah. 16 tendangan dilesakkan, 12 diantaranya tepat sasaran, dan 3 tendangannya berbuah gol. Sedangkan United hanya mampu melesakkan tiga tembakkan, dimana hanya satu yang tepat sasaran, dan itulah yang menjadi satu-satunya gol MU.

Seluruh hasil tersebut memang merupakan hasil kerja keras dari sebuah tim yang mempermainkan sepakbola indah. Semua orang yang menonton pertandingan dini hari tadi pasti setuju bagaimana Blaugrana memperagakan gaya sepakbola menyerang yang indah. Dengan umpan-umpan pendek nan akurat dan ball possession yang mengagumkan, gol hanya tinggal masalah waktu saja. Salah satu pemain yang menonjol dalam praktek permainan tersebut yakni Lionel Messi.

Pemain Argentina itu menjadi figur penting keberhasilan Barca meraih trofi Champions keempatnya. Gol yang dicetak Messi membuat Barca kembali unggul, tidak hanya itu, gol ketiga Azulgrana juga diawali dari pergerakannya yang menusuk jantung pertahanan United. Pelatih MU, Sir Alex Ferguson mengakui salah satu kesalahan taktiknya adalah karena tidak menjaga ketat sang megabintang. “Kami tak pernah benar-benar menjaga pergerakan Messi, meski banyak orang sudah memperingatkan sebelumnya.”

Pelatihnya sendiri, Pep Guardiola bahkan mengaku takjub dengan sihir Messi. Pelatih berusia 40 tahun itu menandaskan bahwa Messi merupakan pemain terbaik yang pernah dilihatnya.

“Lionel adalah pemain terbaik yang pernah saya lihat, mungkin yang terbaik yang pernah ada. Dia bisa membuat perbedaan. Messi sungguh unik,” Guardiola.

Wajar akhirnya Messi terpilih sebagai pemain terbaik pada pertandingan tersebut, Messi memang menjadi pemain penting Barcelona dalam beberapa musim terakhir. Bukan tidak mungkin Messiah dapat meraih gelar ketiganya sebagai pemain terbaik dunia 2011 mengingat kontribusinya pada Barca. Legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona bahkan mengatakan Messi merupakan titisan asli dari dirinya. Wajar jika publik menjulukinya Messidona. Pemain yang bisa menjadi penerus Maradona.

Kesuksesan Barca menjuarai Liga Champions musim ini pun tak lepas dari sosok kunci Messi yang menjadi topskor dengan 12 golnya. Sekaligus menyamai rekor gol Ruud Van Nistelrooy yang menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions dalam semusim.

28 May 2011
19:45 BST
Barcelona Spain 3 – 1 England Manchester United Wembley Stadium, London
Attendance: 87,695[26]
Referee: Viktor Kassai (Hungary)[1]
Pedro Goal 27′
Messi Goal 54′
Villa Goal 69′
Report Rooney Goal 34′
Goals scored 3 1
Attempts on target 12 1
Attempts off target 4 2
Corners 6 0
Possession (%) 63 37
Fouls committed 5 16
Yellow cards 2 2
Red cards 0 0

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender Tulisan

Mei 2011
S S R K J S M
    Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

News Update

Photos

%d blogger menyukai ini: