//
you're reading...
Klub, Liga Indonesia, Nasional

Menuju Klub Yang Profesional

Memasuki kompetisi format baru yang akan digelar 8 Oktober mendatang sejumlah klub pun mempersiapkan semua aspek yang dibutuhkan untuk dapat lolos verifikasi. Termasuk soal legalitas klub.

Keputusan PSSI untuk membentuk kompetisi baru yang profesional mengharuskan setiap klub yang ingin mengikuti kompetisi harus berbadan hukum. Keputusan tersebut membuat sejumlah klub yang berasal dari liga super cukup ketar-ketir. Pasalnya banyak dari mereka yang belum memiliki syarat legal seperti yang telah ditetapkan PSSI.

Berbanding terbalik dengan klub-klub Liga Primer Indonesia yang sudah berbadan hukum. Hal itu tidak lepas karena LPI memang kompetisi yang dibentuk atas kriteria profesional yang telah ditetapkan AFC. Jadi wajar klub-klub LPI tidak merasa kesulitan dalam aspek legal. “Sejak awal LPI bergulir, semua aspek itu sudah coba dipenuhi oleh klub-klub LPI,” ujar juru bicara Abi Hasantoso.

Meski demikian bukan berarti klub-klub LPI bisa masuk dalam kompetisi yang baru nanti, pasalnya sejumlah klub LPI masih belum terdaftar dalam keanggotaan PSSI, lain halnya dengan keempat klub lawas di LPI seperti Persebaya, Persema, PSM, dan Persibo. Hal itu membuat sejumlah klub baru tersebut harus melakukan langkah merger dengan klub-klub dari liga super agar dapat mengikuti kompetisi.

Sejumlah klub pun langsung bergerak cepat untuk mengurusi masalah merger ini. Beberapa klub dari LPI dan ISL pun sudah menjajaki kemungkinan merger, bahkan sudah ada sepakat untuk bergabung. Seperti yang telah dilakukan Bintang Medan.

Klub berjuluk Medan Star itu sudah resmi bergabung dengan PSMS sejak minggu lalu. Kesepakatan itu disampaikan sendiri oleh CEO Dityo Pramono. “Kami sudah merger. Kami sudah MoU, sekarang dalam pembicaraan untuk detilnya. Belum tahu akan seperti apa, kami baru sepakat untuk bersatu antara Bintang Medan dan PSMS,” ujar Dityo.

Dityo mengaku kesepakatan ini sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, meski nama klub yang akan digunakan untuk kompetisi nanti bukan menggunakan nama klubnya, hal itu tidak menjadi masalah baginya. “Untuk tahun pertama tetap PSMS, untuk selanjutnya mudah-mudahan tetap PSMS,” kata Dityo.

Selain Bintang Medan yang sudah resmi melebur, Solo FC juga sudah melakukan hal yang sama. Selasa (23/8) klub yang dipimin Kesit Budi Handoyo itu sudah resmi bergabung dengan klub sekota Persis Solo. “Oh sudah sudah sudah, resminya sudah, MoU-nya juga sudah resmi saya tandatangani sama pak Rudi (ketum Persis),” ujar Kesit menanggapi soal merger.

Kesit juga tidak mempersoalkan nama klub yang akan digunakan nantinya, baginya yang terpenting adalah mengangkat nama kota Solo itu sendiri melalui sepakbola. “Jadi buat kita okelah ga ada masalah ,sebenernya yang paling penting bagi kita kan mengangkat nama kota itu sendiri,” kata Kesit.

Sementara itu CEO Batavia Union, Yon Moeis juga menyambut dengan positif proses merger antara klub LPI dan ISL ini. Menurutnya justru merger akan menguntungkan kedua klub yang akan bersatu nantinya agar semua aspek yang diminta dari PSSI dapat saling melengkapi.  “Sangat baik. Artinya, klub-klub ISL ada yang belum menjadi PT sedangkan kami sudah. Jadi saling menutupi. Merger memang harus menguntungkan kalau tidak buat apa. Ini juga tidak dipaksakan, jadi kalau ada klub yang keberatan, tidak masalah,” ujar Yon yang klubnya juga sudah merger dengan Pro Duta.

Selain Bintang Medan, Solo FC, dan Batavia Union, sembilan klub lainnya juga sudah merampungkan proses merger mereka, diantaranya Aceh United dengan Persiraja Banda Aceh, Minangkabau FC dengan Persik Kediri, Semarang United dengan PSIS Semarang, Tanggerang Wolves dengan Persikota Tanggerang, Bandung FC dengan Persiba Bantul, Real Mataram dengan PSS Sleman, Jakarta FC dengan PSKS Cilegon, Bali Devata dengan Perseden Denpasar dan Manado United dengan Persigo Gorontalo.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender Tulisan

Agustus 2011
S S R K J S M
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

News Update

Photos

%d blogger menyukai ini: