//
you're reading...
Feature, Liga Indonesia, Nasional

Ramadhan Pesepakbola Nasional : Fokus Tingkatkan Ibadah

Bulan Ramadhan merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi para umat muslim, di bulan yang suci ini seluruh muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadahnya, tak terkecuali bagi para pesepakbola.

Panjangnya libur kompetisi ditambah bertepatan dengan bulan Ramadhan, membuat para pemain beragama Islam pun tidak terlalu disibukkan dengan padatnya aktivitas di dalam lapangan yang bisa membuat energi terkuras.

Meski tidak melakukan latihan yang keras, para pemain tetap menjaga kebugarannya di saat puasa dengan berlatih ringan di saat sore hari menjelang matahari terbenam. Namun aktivitas yang kerap disebut sebagai ngabuburit ini bukan saja sekedar latihan, para pesepakbola mempunyai cari tersendiri sambil menunggu berbuka puasa.

Samsul Arif contohnya. Striker Persibo Bojonegoro ini  biasa melakukan hobinya di saat menjelang berbuka puasa. Bersama sanak keluarga yang juga tinggal di Bojonegoro, Samsul kerap bermain layang-layang, hobinya sejak kecil.

“Nunggu buka (puasa) jalan-jalan sebentar, maen layangan. Maen sama ade dan saudara. Ya suka aja sih, tapi ini kan kebetulan pas libur. Kalo pas Agustusan disini juga ikut lomba-lomba gitu,” ujar Samsul sambil tertawa kecil.

Pemain berusia 26 tahun ini mengaku membuka puasanya dengan kolak atapun es blewah. Selain itu untuk makanan berbuka puasa, Samsul tipe orang yang sederhana, cukup sayur bayam dan sambal sudah bisa menjadi  santapan berbukanya.

Lebih lanjut mantan pemain Samsul juga mengakui untuk bulan Ramadhan kali ini ia bisa lebih fokus untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. “Kalo sekarang rehatnya lebih banyak, konsentrasi pada ibadahnya lebih banyak. Kalo dulu ada latihan, sekarang kan engga. Jadi lebih fokus ke puasa, fokus ke ibadahnya lebih bagus,” kata mantan pemain Persela Lamongan itu.

Sementara itu di Surabaya, Erol Iba yang berasal dari tanah Papua masih disibukkan dengan latihan sore di mess Persebaya. Meski demikian ia tetap fokus dalam menjalankan ibadah puasanya. Sesuai latihan mantan pemain Persipura ini pun langsung menunggu waktu berbuka puasa sambil membeli es campur untuk takjilnya.

Tidak ada yang spesial baginya di bulan Ramadhan kali ini, namun berbeda jika kenikmatan bulan puasa dilakukan di rumah bersama keluarganya dan memakan makan favoritnya. “Kalo di rumah enak, ikut nyari buat buka sama istri. Biasanya Kolak pisang,” ujar Erol.

Setelah memeluk Islam 9 tahun silam, nama tengah FX pun dihilangkan, sejak saat itu pula pemain kelahiran Jayapura 32 tahun silam ini mulai menekuni agama yang dianutnya. Ramadhan yang kesembilan ini pun diharapkan bisa meningkatkan kualitas ibadahnya. “Kalo saya sih sama aja, artinya saya lebih meningkatkan ibadahnya lagi,” kata mantan pemain Persipura Jayapura ini.

Lain halnya pemuda Solo FC, Yunet Hardiyanto yang merasakan suasana berbeda pada Ramadhan saat ini. Tidak seperti pada bulan puasa sebelumnya, kali ini pemain yang berposisi sebagai gelandang itu melaksanakan ibadah sambil mengikuti pemusatan latihan timnas U-23 di Kota Batu. “Ya paling suasana baru lingkungan baru, jadi beda sama (Ramadhan) sebelum-sebelumnya, biasanya cuma sama keluarga. Kali ini sama timnas,” ujar Yunet.

Menjalani ibadah puasanya pun dilakukan bersama-sama dengan rekan-rekan timnas, mulai dari sahur, hingga berbuka. Untuk soal ibadah, Yunet mengaku tidak ada halangan baginya meski fokus menjaga kebugaran pada pemusatan latihan ini. “engga ada sih, cuma kadang bolong tarawih saja,” katanya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender Tulisan

Agustus 2011
S S R K J S M
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

News Update

Photos

%d blogger menyukai ini: