//
you're reading...
Feature, Liga Indonesia, Nasional

Uji Taktik Sebelum ke Hong Kong

Persiba Bantul menjadi pilihan untuk menguji taktik timnas setelah liburan.
 
Setelah melakukan serangkaian uji coba di dalam negeri dalam rangka persiapan SEA Games 2011, Tim Nasional usia di bawah 23 tahun akan bertolak ke Hong Kong untuk melakukan uji tanding internasional. Namun sebelumnya, Jumat (9/9), tim asuhan Rahmad Darmawan mesti berhadapan dengan Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung, Bantul.
Timnas U-23 memang sudah diagendakan untuk melakukan uji coba dengan klub asal Jawa Timur tersebut, setelah tidak menemukan lawan tanding di sekitar Cilegon. Alhasil timnas pun pindah ke Yogyakarta. Persiba pun sudah menyatakan kesiapannya untuk berhadapan dengan skuad Garuda Muda. “Jadi sebetulnya hanya soal efektivitas tempat pelatihan kita dan mencari lawan untuk uji tanding. Itu saja, ngga ada yang lain,” ujar pelatih Timnas U-23, Rahmad Darmawan.
Setelah para pemain sempat diliburkan, pelatih yang akrab disapa RD ini pun fokus untuk memulihkan kondisi fisik pemain selama di Kota Gudeg tersebut dalam seminggu terakhir. Jadi menurutnya hanya tinggal menguji taktik bermain timnas melalui uji coba melawan Persiba ini.
“Untuk melihat taktik bermain
kan harus melalui uji coba. Jadi lawan Persiba Bantul ini untuk melihat sebelum kita nanti mengarah ke uji coba yang lebih resmi, yang lebih berat bobotnya,” kata Rahmad.
Timnas U-23 memang sudah melakukan empat kali uji coba sebelumnya. Pada uji coba pertama ketika berhadapan dengan Timnas Senior (18/8) di Solo, Timnas U-23 bermain cukup baik dengan menahan para seniornya tersebut. Namun pada uji coba kedua (20/8) di Malang, mereka kalah di tangan Makassar United dengan skor 1-2. Tapi mereka tampil baik lagi ketika berhasil mengalahkan dua tim Liga Primer Indonesia (LPI) yang terbilang kuat, Bali Devata dan Persebaya, masing-masing dengan skor 4-2 dan 3-1.
Rahmad menganggap tidak cukup hanya berhadapan dengan tim-tim dari dalam negeri, oleh sebab itu Timnas U-23 pun akan terbang ke Hong Kong untuk melakukan uji coba internasional pertamanya usai berhadapan dengan Persiba Bantul. Karena menurut sang pelatih, timnya masih belum mencicipi nuansa pertandingan internasional. “Tim ini diharapkan ada di dalam performa terbaik pada saat November. Jadi masih banyak fase yang harus dilalui, termasuk banyak uji coba internasional. Karena saya belum lihat potensi atau kemampuan dalam pertandingan internasional,” kata mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut.
Alhasil Rahmad pun belum dapat menentukan komposisi pemain terbaiknya untuk ajang SEA Games 2011 nanti, setidaknya hingga pertengahan Oktober nanti. “Ini dalam proses terus dan proses ini akan terus berjalan hingga pertengahan Oktober baru akan kita putuskan dari seluruh pemain yang ikut,” ujarnya.
Beberapa pemain yang tampil di timnas senior juga akan bergabung nantinya, termasuk Irfan Bachdim. Namun Rahmad tidak menjamin mereka dapat masuk
starting eleven, karena menurutnya semua pemain saat ini masih mempunyai kesempatan yang sama untuk menembus tim inti. “Semua harus dilihat dalam proses dan uji coba ini,” katanya.
Hal yang sama juga berlaku bagi dua pemain yang tampil bagus di klubnya pada gelaran LPI musim lalu, Kim Kurniawan (Persema) dan Andik Vermansyah (Persebaya). “Ya, dua-duanya punya kelebihan dan juga punya kekurangan. Kelebihan itu bagaimana bisa dimaksimalkan dalam
teamwork dan bisa mengeleminir kekurangan itu dalam sebuah
teamwork. Nah ini yang akan saya lihat,” ujarnya.
Terkait dengan hal itu, Andik sendiri memaparkan dirinya menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada pelatih. Yang terpenting baginya adalah menunjukkan kemampuan di depan pelatih Rahmad untuk membuktikan kelayakannya. “Pokoknya terserah keputusan pelatih saja,” ujar Andik.
Cedera engkel memang sedikit menganggu performa Andik, namun ia mengakui akan berusaha semaksimal mungkin ketika diberi kesempatan, termasuk saat timnya akan berhadapan dengan Persiba Bantul nanti. “Ya kalau dikasih kepercayaan, saya senang sekali. Tapi kalau stamina masih belum siap karena cedera kambuh,” kata ikon Persebaya tersebut.
Andik juga mengaku senang bisa berpartisipasi di Timnas U-23 hingga sejauh ini, dan ia pun bertekad agar dapat dipilih pelatih Rahmad. “Kalau terpilih ya pasti sangat senang sekali. Pengalaman saya di TC lumayan panjang. Pastinya seleksi kedua kalinya saya tidak mau gagal,” ujarnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender Tulisan

September 2011
S S R K J S M
« Agu    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

News Update

Photos